Kamis, 10 September 2009

figure camat dan kepala desa se Kecamatan baturraden




SAPTA PESONA
TUJUH UNSUR: AMAN TERTIB,BERSIH,SEJUK,INDAH,RAMAH TAMAH DAN KENANGAN
1. AMAN; yaitu kondisi dimana wisatawan dapat merasakan dan mengalami suasana yang aman,bebas dari ancaman,gangguan serta tindak kekerasan dan kejahatan
2. TERTIB: yaitu suatu kondisi yang mencerminkan suasana tertib dan teratur serta disiplin di setiap tempat yang akan dan sedang dikunjungi,baik dalam peraturan,,dalam waktu,dalam mutu,pelayanan dan juga segi informasi.
3. BERSIH:yaitu satu kondisi yang memperlihatkan sifat bersih dan hygenis baik keadaan lingkungan,sarana pariwisata,alat perlengkapan layanan maupun manusia yang memberikan layanan tersebut.
4. SEJUK:yaitu terciptanya suasana yang segar,sejuk serta nyaman yang disebabkan adanya penghijauan secara teratur dan indah baik dalam bentuk taman maupun penghijauan disetiap lingkungan tempat tinggal.
5. INDAH; yaitu suatu kondisi yang mencerminkan penataan yang teratur,tertib dan serasi baik mengenai sarana,prasarana,keadaan alam,penggunaan tatawarna yang sesuai,selaras dengan lingkungan serta menunjukan sifat –sifat kepribadian nasional.
6. RAMAH-TAMAH;yaitu sifat dan perilaku masyarakat yang ramah tamah dan sopan dalam berkomunikasi memberikan pelayanan,sehingga memberi kesan bahwa wisatawan dapat diterima di lingkungan masyarakat tersebut,terutama masyarakat yang mempunyai hubungan pelayanan langsung terhadap wisatawan.
7. KENANGAN;yaitu kesan yang menyenangkan dan akan selalu diingat mengenai :
- akomodasi yang nyaman,bersih dan pelayanan yang memuaskan.
- Atraksi-atraksi kebudayaan yang mempesona
- Jenis makan daerah yang lezat.
- Cindera mata yang mungil,menawan dengan harga yang wajar
Program nasional ini ditetapkan melalui Kepetusan menteri pariwisata,pos dan telekomunikasi nomor KM.05/UM/209/MPPT tanggal 18 januari 1988

2 komentar: